Berkata Umar r.a : “ Kemuliaan dunia bisa diraih dengan harta; Kemuliaan akhirat hanya bisa di raih dengan amal Shaleh” ..........Berkata Usman r.a :” Kesedihan dalam urusan dunia dapat menggelapkan hati ; Kesedihan dalam Urusan akhirat bisa menerangi hati “ ..........Berkata Yahya bin Muadz : “Orang yang mulia tidak akan durhaka kepada Allah; Orang yang bijaksana tidak akan memilih dunia dengan meninggalkan akhirat “..........Berkata Sufyan Ats Tsaury : “ Setiap kemaksiatan yang timbul dari dorongan nafsu masih bisa diharapkan ampunannya; Setiap kemaksiatan yang timbul dari kesombongan , maka tidak dapat diharapkan ampunannya”..........Berkata seorang Ulama Zuhud : “ Barangsiapa berbuat dosa , sementara dia tertawa ( merasa bangga) , maka kelak Allah akan memasukkanya ke neraka dalam keadaan menangis; Barangsiapa taat kepada Allah, sementara dia menangis (sebab amat takut kepada –NYA) ,maka kelak Allah akan memasukkannya kedalam surga dengan penuh kegembiraan”..........Berkata seorang bijak : “Barangsiapa menyangka bahwa ia punya penolong yang lebih utama dan lebih kuat daripada Allah , berarti ia benar-benar belum mengenal Allah dengan baik ; Barangsiapa menyangka bahwa dirinya mempunyai musuh yang lebih kuat daripada dorongan nafsunya , berarti ia belum mengenal dirinya dengan baik”..........Berkata Abu bakar Asy-Syibli : “ Jika engkau sudah merasakan nikmatnya dekat dengan Allah , niscaya engkau bisa merasakan bagaimana pahitnya jauh dari Allah”..........Berkata Asy –Syibli : “Jika hatimu ingin merasa tenang dan tentram dengan Allah ,maka janganlah engkau turuti hawa nafsumu; Jika engkau ingin dikasihi Allah , maka kasihilah makhluk Allah” ..........Berkata Abu Bakar Ash – Shiddiq : “ Tiga hal yang tidak bisa dicapai dengan tiga hal lainnya semata-mata (melainkan dengan izin Allah) , 1. Kekayaan tidak bisa dicapai dengan cita-cita semata; 2. Keremajaan tidak dapat dicapai dengan disemir semata; 3. Kesehatan tidak akan dapat dicapai dengan obat-obatan semata “ ..........Berkata Umar r.a : “ Bersikap simpatik dengan orang lain adalah bagian dari kecerdasan akal; Bertanya dengan cara yang baik adalah bagian dari ilmu; dan kepandaian memanage adalah bagian dari penghidupan.” ..........Berkata Usman r.a : “ Barangsiapa yang menjauhi keduniawian niscaya akan dicintai Allah; Barangsiapa yang menjauhi dosa- dosa akan dicintai para malaikat; Barangsiapa yang menanggalkan ketamakan terhadap milik orang lain , niscaya akan dicintai oleh orang lain”..........Berkata Ali r.a : “ Dari sekian banyak nikmat dunia , cukuplah islam sebagai nikmat bagimu; Dari sekian banyak kesibukan , cukuplah ketaatan sebagai kesibukan bagimu; Dari sekian banyak pelajaran , cukuplah kematian sebagai pelajaran bagimu”..........Berkata Ibnu Mas’ud : “Betapa banyak manusia yang dihukum secara berangsur-angsur melalui kesenangan yang diberikan kepadanya; Betapa banyak manusia yang mendapat cobaan melalui pujian orang lain kepadanya; Betapa banyak manusia yang terperdaya karena kelemahan nya disembunyikan oleh Allah”..........Jibril berkata kepada Rasulullah Shalallahu a’laihi Wassallam : “ Wahai Muhammad , hiduplah engkau seberapapun lamanya, namun engkau pasti akan mati; Cintailah siapa saja yang engkau sukai , namun engkau pasti akan berpisah dengannya ; Beramallah semaumu , namun engkau pasti akan mendapat balasannya”..........

Minggu, 04 April 2010

HADIAH TERINDAH



Menjelang hari raya, seorang ayah membeli beberapa gulung kertas kado. putrinya yang masih kecil, masih balita, meminta satu gulung. "Untuk apa?" tanya sang ayah. "Untuk kado, mau kasih hadiah." jawab si kecil. "Jangan dibuang-buang ya", pesan si ayah, sambil memberikan satu gulungan kecil.

persis pada hari raya, pagi-pagi si ecil sudah bangun dan memebangunkan ayahnya. "Pa pa ada hadiah untuk papa." Sang ayah masih malas-malasan, matanya pun belum melek, menjawab, "Sudahlah nanti saja," tetapi si kecil pantang menyerah. "Ah kamu gimana sih, pagi-pagi sudah bangunin papa," Ia mengenali kertas kado yang pernah ia berikan kepada anaknya. "Hadiah apa nih?" "hadiah hari raya untuk papa. buka dong pa, buka sekarang," kata si kecil dengan manja. setelah ternyata di dalamnya hanya sebuah kotak kosong. tidak berisi apa pun juga. "Ah kamu bisa saja. bingkisannya kok kosong. buang-buang kertas kado papa. kan mahal?"

si kecil menjawab. "Nggak pa, nggak kosong. tadi Putri masukin begitu buaanyaak ciuman untuk papa," sang ayah terharu, ia mengangkat anaknnya. dipeluknya, diciummnya. "Putri, papa belum pernah menerima hadiah seindah ini. papa akan selalu menyimpan boks ini. papa akan bawa ke kantor dan sekali-sekali kalau perlu ciuman putri, papa akan mengambil satu. nanti jika kosong diisi lagi ya!"

Kotak kosong yang sesaat sebelumnya dianggap tidak berisi, tidak memiliki nilai apapun, tiba-tiba terisi, tiba-tiba memiliki nilai yang begitu tinggi. apa yang terjadi?lalu, kendati kotak itu memiliki nilai yang sangat tinggi di mata sang ayah, dimata orang lain tetap juga tidak memiliki nilai apa pun. kosong bagi seseorang bisa dianggap penuh oleh orang lain. sebaliknya, penuh bagi seseorang bisa dianggap kosong oleh orang lain. sebgaimana kita memandangi hidup, hidup menjadi berarti, bermakna, karena kita memberikan arti, meberikan makna kepadnya. bagi mereka yang tidak memberikan makna, tidak memberikan arti, hidup ini ibarat lembaran kertas yang kosong.


3 komentar:

  1. Assalamualaikum wr wb
    Sukses ya mba BC..

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam wr wb
    Sukses juga buat mas AGR yah... semoga selalu dalam limpahan Rahmat dan berkah-NYA amin Ya Rabbil alamin

    BalasHapus
  3. mba..duh indah banget c..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...